Antena Helical Beam 40M Ringan Dan Murah

Antena Helical Beam 40M Ringan Dan Murah

Antena dua elemen Helical Beam 40M - Antena yang simpel, murah dan ringan serta cocok untuk lahan atau area yang sempit. Gak perlu mahal untuk On Air di 40M. Tulisan asli oleh seorang Amatir YD8GAR. 

ANTENA DUA ELEMEN HELICAL BEAM 40M YANG MURAH DAN RINGAN.

Jika anda memikirkan mengunakan antena arahan 40 m band yang ringan dan ukurannya cocok untuk lahan terbatas maka salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan yakni Antenna Helical Beam 40m. Bagi saya antena ini cukup unik karena ukurannya lebih kecil 28% dari antena tubing dipole 40m full size. Disamping itu, antena ini telah banyak dibuktikan oleh amatir dunia. Anggaran pembuatannya pun cukup ekonomis karena tidak menggunakan bahan tubing alumunium yang harganya cukup mahal. Antena 2 elemen ini memiliki panjang setiap elemen hanya sekitar 5 meter dan cukup ringan karena bahannya dengan menggabungkan 2 joran pancing untuk setiap sirip atau elemen. Jadi untuk 2 elemen menggunakan total 4 joran pancing.  Setiap joran bisa menggunakan  ukuran panjang sekitar 4,5 meter yang nantinya dipotong lagi sehingga panjangnya menciut menjadi 2,5 meter saja.

Dari namanya saja, antena ini sudah bisa dibayangkan bentuknya akan lain dari yang lain. Antena Helical Beam ini ukurannya lebih pendek dari antenna dipole tubing 40m karena menggunakan kawat email yang dililit spiral (helical) pada joran baik pada driven element maupun reflektornya. Kawat email yang dililit tersebut panjangnya sekitar 20 meter untuk setiap joran. Impedansi setiap joran yang telah dililit kawat email 0,8 mm sekitar 12 ohm. Jadi setiap elemen menghasilkan impedansi sekitar 24 ohm. Olehnya itu, balun yang digunakan sebaiknya 4:1 agar nantinya menjadi 50 ohm ketika berada pada saluran transmisi atau kabel coax menuju radio.

Antena ini sebenarnya telah lama diperkenalkan. Tulisan yang berkenaan muncul diterbitkan oleh ARRL dalam tahun 1974 yang ditulis sesuai hasil eksperimen oleh W1FBY dan W1CER. Saya cukup beruntung telah menjumpai YB1CYD melakukan eksperimen antena ini meskipun sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Saat ini sebenarnya antenenya sudah diturunkan. Eksperimen yang pernah dilakukan dengan memodifikasinya dengan hanya menggunakan 1 elemen. Meskipun demikian, hasilnya tetap memuaskan karena keuntungan bandwith yang tidak lebar sehingga ketika memancar tidak mengganggu rekan yang berada didekat frekuensi memancar. Walaupun memiliki bandwidth yang sempit namun masih tetap cocok digunakan untuk kontes, DX atau sekedar rag chewing  asalkan menggunakan bantuan tuner untuk pergeseran frekuensi.  Antena ini patut diperhitungkan jika kita ingin membuat sendiri antena yang murah, ringan, dan ukuran yang tidak terlalu besar. Sehingga istilah yang cocok untuk antenna ini, “Sesuatu yang bagus tidak harus mahal”.

Ditulis oleh YD8GAR

ARTIKEL YD9RSG LAINNYA

BAGIKAN ARTIKEL!

BERI KOMENTAR!
SEMBUNYIKAN KOMENTAR

Disqus Comments